--> Skip to main content

cpanel hosting

Control panel hosting

Mengevaluasi control panel hosting dan domain, Pengertian yang wajib dipelajari siswa TKJ

Control Panel Hosting adalah aplikasi berbasis web yang mengelola konfigurasi server. Control panel hosting ini umumnya dipasang pada sistem operasi berbasis Linux.

Melalui control panel ini, kalian dapat dengan mudah mengelola layanan server dalam satu tempat dengan tampilan yang mudah dipelajari dan dikelola.

Control panel hosting yang terkenal dan sudah menjadi standar perusahaan yang bergerak di bidang hosting adalah merk Cpanel

CPanel adalah contoh aplikasi Control panel hosting, merupakan merk dagang dari Cpanel dan WHM yang didirikan oleh J. Nick Koston pada tahun 1997.

Cpanel tidak gratis, untuk menggunakan aplikasi control panel hosting ini, kalian harus membayar iuran bulanan paling murah $15.



Pengertian hosting

Hosting adalah istilah untuk komputer yang menampung file dan data-data yang diperlukan oleh sebuah website atau aplikasi berbasis web sehingga dapat diakses lewat Internet.

Komputer ini disebut server...

Karena umumnya hosting digunakan untuk menampung file web, maka disebut juga web hosting. Hosting sendiri sebenarnya adalah sebuah komputer server yang dikelola oleh perusahaan penyedia layanan hosting.

Jadi jika anda sedang membuat aplikasi web dan ingin diakses oleh semua orang termasuk dari Internet, maka kalian butuh web server.

Web server siap jadi tentunya ada di Hosting, karena teknisi perusahaan sudah mengkonfigurasi dan menyiapkan web server secara otomatis.

Perusahaan penyedia hosting di Indonesia sangat banyak, diantaranya:
  1. Niagahoster
  2. Master Web
  3. Jagoan hosting
  4. Hostinger



Tipe-tipe hosting

Hosting sebenarnya adalah sebuah komputer server yang di konfigurasi khusus untuk menampung file sebuah website dan dapat diakses oleh Internet.

Perusahaan yang menyediakan server khusus ini disebut perusahaan web hosting. Ada banyak cara perusahaan menjual atau menyewakan hosting mereka ke pelanggan.

Sebagai contoh, Niagahoster menyediakan paket hosting murah dengan nama yang unik, seperti paket bayi, paket pelajar dan paket bisnis.

Ada banyak tipe hosting yang harus diketahui anak TKJ, tapi ini 4 tipe yang sering dijual, diantaranya:
  1. Shared Hosting
  2. Dedicated Hosting / Colocation
  3. Cloud Hosting
  4. Virtual Private Server

Shared hosting

Shared hosting adalah layanan hosting paling umum dijumpai saat kalian baru pertama kali menyewa hosting.

Cara kerja Shared hosting adalah berbagi tempat dan layanan dengan pengguna lain dalam 1 server. Para penyewa layanan shared hosting akan berbagi resource & kapasitas server bersama-sama.
Jika diibaratkan, layanan shared hosting seperti menyewa 1 rumah bersama 4 orang teman atau lebih. Semua penghuni berbagi kamar mandi, dapur, tempat cuci, dan lain-lain. Efeknya, ketika ada salah satu penghuni rumah menggunakan fasilitas secara berlebihan, dapat mengganggu penghuni yang lain.

Control panel hosting
Gbr 1. Layanan hosting yang diberikan oleh Niagahoster


Jadi karena Shared hosting menggunakan 1 server di gotong bersama-sama user yang lain, harga sewanya menjadi paling murah dan paling ekonomis. Namun tentu saja banyak batasan dan aturan yang harus Anda hormati ketika menggunakan shared hosting.


Dedicated hosting / Colocation

Dedicated hosting adalah layanan hosting dengan sistem menyewa komputer server dengan jumlah user terbatas. Kalo dibaratkan, 1 komputer server hanya diperuntukan 2 hingga 4 user saja dengan resource yang telah ditetapkan.

Cara kerja Dedicated hosting adalah berbagi tempat dan layanan dengan pengguna lain dalam 1 server dengan jumlah user terbatas. Para penyewa layanan Dedicated hosting akan diberi ruang tersendiri sehingga lebih leluasa mengelola webnya.
Jika diibaratkan, layanan Dedicated hosting seperti menyewa 1 apartemen oleh 4 orang teman atau lebih. Semua penghuni apartemen memiliki kamar mandi, dapur, tempat cuci, sendiri-sendiri sehingga tidak akan saling mengganggu.

Efeknya adalah Dedicated hosting secara harga dan layanan jauh lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting.

Colocation adalah layanan perusahaan web hosting yang menyewakan tempat, listrik dan koneksi komputer server secara khusus kepada user. Komputer server sepenuhnya dari pelanggan yang ditaruh di ruang server perusahaan tersebut.


Cloud hosting

Cloud hosting adalah layanan hosting yang mirip dengan shared hosting. Bedanya, Cloud hosting memberikan layanan yang lebih flexibel karena secara virtual, server hosting user dipasang dibeberapa server fisik sekaligus yang disebut cluster.

Dengan Cloud hosting, saat 1 server down, maka server berikutnya akan mengambil alih tugas sampai server kembali up

Secara harga dan kualitas, Cloud hosting sama bahkan lebih murah daripada shared hosting, tetap memiliki kehandalan yang lebih baik.


Virtual Private server

Virtual Private Server adalah hosting yang menggunakan 1 server fisik, yang dibagi lagi ke beberapa server virtual. Masing-masing server virtual berjalan seperti dedicated server.

VPS mirip dengan dedicated hosting. Perbedaan antara keduanya terletak pada sistem layanan.

Jika diibaratkan, layanan Virtual Private server seperti menyewa perumahan yang kosong. Masalah isi rumah, itu tanggungjawab anda sendiri.

Virtual Private server yang anda sewa harus dikonfigurasi secara mandiri, beda dengan dedicated hosting, anda tinggal pakai karena semua hal sudah disettingkan oleh teknisi perusahaan layanan web hosting.


Pengertian Control panel hosting

Control Panel Hosting adalah aplikasi berbasis web yang mengelola konfigurasi server. Control panel hosting ini umumnya dipasang pada sistem operasi berbasis Linux.

Setelah anda memutuskan menyewa hosting, perusahaan akan memberikan layanan berupa hak akses untuk mengelola lebih lanjut seluruh layanan server secara mandiri.

Untuk mempermudah pengelolaan dan konfigurasi server, maka dibutuhkan aplikasi Control panel hosting. Yang paling terkenal adalah aplikasi Cpanel.

Server yang dikelola oleh Control panel hosting antara lain:
  1. File dan FTP server
  2. Mail server
  3. Database server
  4. DNS server
  5. SSH server
  6. Web server
Saat kalian menyewa sebuah hosting, biaya sewa biasanya sudah termasuk mendapat sebuah aplikasi Cpanel yang berguna mengelola server secara mandiri.

cpanel
Gbr 2. Tampilan control panel hosting dari Cpanel.



Aplikasi Control panel hosting

Aplikasi control panel hosting tidak hanya Cpanel saja. Ada banyak control panel hosting yang dapat dipasang secara gratis. Tapi yang namanya gratisan, tentu tidak sebaik dan selengkap yang berbayar seperti Cpanel.

Oiya, didalam artikel ini tidak akan saya sampaikan terlalu banyak tentang aplikasi control panel hosting ya ges...Saya hanya mengambil contoh yang paling terkenal, kemudian yang akan kita pakai sebagai bahan praktik ada 2, yaitu webmin dan EHCP.

1. Cpanel

Cpanel Adalah control panel hosting yang berbasis web dan dipasang pada server Unix/Linux. Antarmuka grafisnya membantu Anda untuk mengelola website beserta account hosting Anda dengan sangat mudah dan cepat.

2. Plesk

Plesk adalah control panel hosting yang mirip dengan cPanel. Plesk memungkinkan Anda untuk mengelola account hosting Anda melalui antarmuka berbasis web. Anda dapat menginstall kontrol panel ini didalam VPS atau dedicated server.

3. ISPConfig

ISPConfig adalah kontrol panel open source (gratis) multi bahasa yang memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa server di bawah satu control panel. ISPConfig berlisensi di bawah lisensi BSD. Kontrol panel open source ini juga mampu mengelola FTP, SQL, BIND DNS, database dan virtual server.

4. Zpanel

Zpanel adalah control panel hosting yang disediakan secara gratis dan sangat mudah digunakan pada kontrol panel webhosting kelas enterprise seperti Linux, UNIX, MacOS, dan Microsoft Windows.

5. Webmin

Webmin merupakan Control panel hosting yang powerfull dan sangat fungsional. Software yang dirancang untuk platform Unix dan Linux dengan cara yang sederhana. Webmin cukup mampu untuk mengelola berbagai komponen lingkungan Server berbasis web.

Control panel hosting webmin
Gbr 3. Control panel hosting webmin

7. EHCP

EHCP (Easy Hosting Control Panel) adalah software control panel gratis untuk menjaga server hosting berbasis web. Dengan penggunaan EHCP Anda dapat mengelola database MySQL,account email, account domain, account FTP dan banyak lagi. Ini adalah satu-satunya control panel yang telah built-in support untuk Nginx dan PHP-FPM yang tidak menggunakan Apache dan memberikan kinerja yang baik untuk server low end.


Pengertian Domain

Saat kalian menyewa hosting, biasanya anda akan ditawari membeli domain juga. Domain adalah nama unik dari sebuah alamat IP komputer server yang akan kita akses.

Cara kerja Domain adalah seperti menyimpan nama di hp kalian. Nama adalah identitas pemilik dari nomor hp yang akan kita panggil. Lebih mudah mana, manggil pakai nomor, atau cukup cari namanya?

Nama domain terdiri atas dua unsur utama. Misalnya, nama domain rsetiawan.com memuat nama website (rsetiawan) dan ekstensi nama domain (.com). Pada saat perusahaan (atau orang pribadi seperti saya) membeli nama domain dan shared hosting, sebenarnya kita menyewa 3 unsur, IP adddress servernya, Ruang hardisknya dan Nama domain agar mudah diakses.

Untuk pembahasan domain saya akan lanjut ke artikel berikutnya ya...


Soal latihan pemahaman anda tentang Control panel hosting


Tugas portofolio Pengertian Control panel hosting dan domain

  1. Kerjakan tugas portofolio Pengertian Control panel hosting dan domain berupa video kemudian upload ke youtube. Link youtube serahkan ke guru kalian
  2. Tag akun @rudysetiawanst(instagram) dan rudysetiawansst(facebook)

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar